Kesalahan umum saat mengecas HP/Smartphone


Kesalahan umum yang sering dilakukan saat mengecas HP/Smartphone

Baterai adalah salah satu aspek penting dari sebuah smartphone. Oleh karena itu, kesehatan baterai harus dijaga agar smartphone selalu dapat digunakan secara maksimal. Namun, ada beberapa hal yang bisa berdampak buruk pada kinerja baterai smartphone. Salah satunya adalah kebiasaan mengisi daya (charging) ponsel yang tidak sesuai. Misalnya menggunakan charger yang tidak original atau menggunakan handphone saat masih dalam keadaan charging.

Selain itu, beberapa hal lain dapat mempengaruhi kesehatan baterai dan performa smartphone. Berikut kami rangkum beberapa kesalahan saat mengisi daya smartphone yang dapat mempengaruhi kesehatan baterai.



1. Jangan mengunakan pengisi daya yang tidak original

Kehilangan pengisi daya original karena satu dan lain hal memang menyebalkan. Namun jangan pernah mencoba mengisi daya ponsel dengan charger atau kabel apapun yang tidak jelas asal usulnya karena berpotensi merusak baterai ponsel.

Apalagi saat ini vendor HP memiliki teknologi fast charging sendiri yang membutuhkan charger khusus untuk mencapai kecepatan optimal. Oleh karena itu, selalu gunakan pengisi daya asli/original yang disertakan dengan ponsel atau, jika hilang, segera cari pengisi daya resmi dari pemasok HP tepercaya atau pemasok pihak ketiga.



2. mengisi daya baterai HP hingga 100%

Mengisi penuh daya ponsel hingga 100% tidak akan menyebabkan kerusakan baterai yang fatal, namun jika dilakukan terus-menerus dapat mempersingkat masa pakai baterai. Untuk itu, sebaiknya pertahankan persentase baterai HP pada level 30%-80%. Segera isi daya ponsel saat baterai kurang dari 50%, dan segera cabut pengisi daya saat mencapai level 80%. Sebaliknya, jangan menunggu hingga baterai HP benar-benar habis untuk mengisi ulang. Usahakan agar level baterai di bawah 20%, jadi jika ada peringatan baterai lemah, sebaiknya segera isi ulang baterai.



3. Membiarkan adaptor tersambung ke stopkontak

Smartphone kini dapat berhenti mengisi daya saat baterai terisi penuh (0-100%). Namun, ini tidak berarti bahwa kabel pengisi daya juga berhenti mengalirkan listrik. Nah, untuk menjaga kesehatan kabel charger dan adaptor, segera cabut adaptor dari stopkontak agar aliran listrik terhenti.



4. Isi daya ponsel semalaman

Membiarkan ponsel terisi daya semalaman memudahkan orang sibuk. Namun teknik ini juga bisa menyebabkan baterai HP tidak tahan lama.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baterai HP paling baik diisi hingga 80%. Jika Anda mengisi daya semalaman saat tidur, Anda pasti akan melewatkan level ini. Memang beberapa ponsel sudah memiliki sensor yang dapat menonaktifkan proses pengisian daya setelah baterai penuh, namun jika ponsel masih aktif, baterai masih bisa dikurangi.



5. Mainkan HP sambil mengisi daya

Duduk-duduk saja menunggu HP di-charge tentu menyebalkan. Namun setidaknya jangan gunakan ponsel untuk melakukan tugas berat saat baterai sedang diisi.

Bermain game atau menonton video sambil mengisi daya ponsel dapat membuat ponsel menjadi lebih panas, dan panas adalah salah satu musuh terbesar yang dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

LihatTutupKomentar