Mengintip Masa Depan Ratusan Tahun Dari Sekarang






Bagaimana dunia dan teknologi dalam puluhan atau ratusan tahun kedepan?

Tren teknologi yang terus berevolusi tanpa henti memberikan segudang kemungkinan untuk menciptakan dunia modern di masa depan. Seperti halnya yang telah tertanam dalam benak masa kecil kita.

Jika kita menarik waktu setengah abad yang lalu hingga saat ini, banyak teknologi mencengangkan yang diciptakan dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang komputasi, kedokteran,transportasi, komunaksi dan lainnya.

Dilansir dari forbes.com dan sciencefocus.com, beberapa teknologi yang diprediksi akan berperan besar dalam menciptakan dunia modern, diantaranya:

1. Kecerdasan buatan (AI)



Kecerdasan Buatan (AI) adalah cabang bidang ilmu komputer yang mensimulasikan kecerdasan manusia dalam bentuk mesin. Meningkatnya kemampuan mesin untuk belajar dan bertindak secara cerdas selayaknya pola pikir manusia, akan benar-benar mengubah dunia dan menjadi tren teknologi di masa depan yang luar biasa. AI juga merupakan kekuatan pendorong di balik banyaknya tren lain dalam daftar perkembangan teknologi di masa depan.

2. Internet of Things (IoT)



Dilansir Wired, IoT adalah teknologi yang memungkinkan satu objek untuk mampu berkirim data lewat koneksi tanpa bantuan komputer dan manusia. IoT mengacu pada jumlah perangkat "pintar" yang terus bertambah yang dan terhubung ke internet. Perangkat ini kemudian akan mendorong pertumbuhan Big Data dan AI.
 

3. Wearables and augmented humans



Wearables and augmented humans. perangkat elektronik yang dikenakan secara fisik oleh manusia untuk menganalisis, melacak, dan mengirimkan data pribadi. Perangkat IoT pintar ini dapat melacak data biometrik dari pola tidur hingga detak jantung dan juga menjadi teknologi populer di industri fashion dan game.

4. Intelligent spaces and smart places



Ruang cerdas dan tempat cerdas adalah ruang fisik – seperti rumah, gedung perkantoran, atau bahkan kota – yang telah dilengkapi dengan perangkat pintar untuk menciptakan lingkungan yang cerdas.

5. Cloud and edge computing


Cloud computing merupakan ruang penyimpanan data yang dapat diakses melalui internet. Sementara itu, edge computing adalah tempat data diproses melalui perangkat pintar (seperti ponsel).

6. Digital Twins

Digital Twin merupakan sebuah model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis data dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktifitas perusahaan. Digital twin sudah diterapkan untuk beberapa sektor, seperti manufaktur, otomotif, kesehatan, ritel, dan kota cerdas.

7. Voice Interfaces dan chatbot

Voice Interfaces dan chatbot adalah program komputer yang memungkinkan manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan komputer melalui perintah lisan atau teks tertulis. Alexa dan Siri adalah chatbots yang paling akrab dengan manusia sekarang ini. 

8. Penglihatan komputer dan pengenalan wajah

Tren teknologi di masa depan ini memungkinkan mesin untuk menafsirkan dunia di sekitar mereka secara visual, dengan pengenalan wajah sebagai contoh utama. Perangkat pintar kini sangat mudah mengidentifikasi manusia maupun benda di sekitar melalui "penglihatan" atau kamera.

9. Robot dan cobot



Robot sekarang ini berkembang dengan cepat. Kemampuan robot untuk merespon sekitar ataupun perintah dapat dilakukan tanpa campur tangan manusia. Di berbagai industri, keberadaan manusia bahkan telah dialihfungsikan dengan robot. Dan banyak diantaranya robot yang menjadi rekan manusia dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, lahirlah istilah "cobot" atau "robot kolaboratif".

10. Kendaraan otonom

Kendaraan otonom adalah kendaraan yang mampu beroperasi tanpa keterlibatan manusia. Biasanya disebut dengan kendaraan self-driving atau kendaraan tanpa pengemudi. Kendaraan ini menggunakan kombinasi sensor, kamera, radar, dan kecerdasan buatan (AI) untuk melakukan perjalanan antar tujuan tanpa operator manusia.

11. Drone dan kendaraan udara tak berawak

Sebuah kendaraan udara tak berawak ( UAV ), umumnya di kenal sebagai drone,  merupakan pesawat tanpa pilot manusia, awak, atau penumpang.

 12. Keamanan siber

Cybersecurity adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Semakin besar dan banyak yang dimiliki suatu ruang penyimpanan, maka semakin penting untuk memproteksi data dengan cybersecurity untuk mencegah dari pengakses ilegal.

13. 5G

5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel, menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi, koneksi yang lebih konsisten, dan stabil.


LihatTutupKomentar